Punahnya notebook ditahun Ini

Punahnya notebook ditahun 2013 khususnya yang berukuran 8-10 inch

Ada yang bertanya mengapa ??? ini jawabannya !!!

Tahun 2013 ini diperkirakan adalah tahun kematian netbook. Maraknya gadget tablet, phablet, dan smartphone berlayar besar diperkirakan akan menjadi faktor utama penyebab netbook punah dari pasar. Tak hanya itu, beberapa produsen seperti Dell juga dikabarkan tak lagi memproduksi netbook.
Alasan dari Mega perusahaan tersebut menghentikan produksinya karena prosessor intel atom yang disematkan dalam pc mini tersebut sering mengalami kerusakan, banyaknya keluhan dari konsumen dan kurangnya power atau kekuatan untuk membuka aplikasi-aplikasi yang diperlukan user. Dan ini sangat merugikan dan menurunkan tingkat kepercayaan konsumen terhadap perusahaan. Bahkan sekarang, popularitas tablet yang kian meroket akhir-akhir ini tampaknya menjadi faktor utama kematian netbook, karena tablet memiliki fungsi dan peran yang sama dengan sebuah netbook, yakni untuk menangani komputasi ringan dan internet. Tablet memiliki keunggulan mobilitas dan gaya dibandingkan netbook.
Tak hanya itu, faktor lain penyebab punahnya netbook adalah ketidakpuasan konsumen terhadap performa netbook dan memutuskan untuk beralih ke notebook tradisional, ultrabook atau tablet.
Tahun 2012, masih ada beberapa produsen PC seperti Acer, Asus, dan HP yang menelurkan netbook baru yang ditenagai prosesor Intel Atom maupun AMD APU, Sebut saja Acer Aspire One D270, Asus Eee PC seri Flare, Toshiba NB510, dan HP Mini 1104. Tahun 2013 ini, banyak produsen yang berhenti memproduksi netbook.
Seperti yang dilansir dari Slashgear (01/01/2013), Asus, produsen asal Taiwan yang juga merupakan pionir netbook melalui seri Eee PC ini mengumumkan bahwa pihaknya tak lagi memproduksi jajaran produk netbook Eee PC pada tahun 2013. Asus juga mengungkapkan bahwa pihaknya akan tetap menjual netbook hingga stok habis.
Hal yang sama juga dilakukan Acer. Produsen pembesut netbook Aspire One ini juga menyatakan bahwa pihaknya tak lagi memproduksi netbook di tahun 2013 ini. Seperti yang kita ketahui, Acer dan Asus adalah produsen yang paling getol memproduksi netbook dan tahun ini akan membunyikan lonceng kematian netbook.
Netbook adalah sebuah perangkat mirip notebook yang dibekali dengan layar kecil, yakni 8 inci hingga 10,1 inci. Desain awal netbook adalah perangkat ultra-mobile yang dapat digunakan untuk komputasi ringan dan internet. Sekilas memang tak ada perbedaan mencolok antara netbook dan notebook selain pada ukuran layar dan absennya optical drive.

sumber : kompas.com
edited by : tricklik.blogspot.com

Post a Comment

0 Comments