Perencanaan Bisnis Rumahan


MATAKULIAH KEWIRAUSAHAAN
PERENCANAAN BISNIS
CRISPY CHIPS BOOM



   


 
Kelompok :

 
1. Agung Prasetyo. W      (11111100080)

2. Anting Permatasari       (11111100082)

3. Sapto Pandugo             (11111100091)

4. Adi Irfan Amrullah      (11111100093)



FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS PGRI YOGYAKARTA
2013/2014



DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL                                                                              ______        1
DAFTAR ISI                                                                                                              2  
BAB I PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang                                                                                _____        3        

BAB II DESKRIPSI BISNIS 
    1.2 Deskripsi Produk dan Pasar                                                                             4        
1.1  Demand Pasar dan Pesaing                                                          _____           5

BAB III ANALISA STRATEGI PASAR
1.1  Analisa SWOT                                                                   ____                     6        
1.2  Strategi Pemasaran                                                            _____                    7
1.3  Evaluasi                                                                           _____                      7

BAB IV ASPEK PRODUKSI
1.1  Bahan Baku                                                                   ____               _        8
1.2  Investasi                                                                                                 ____ 8
   1.3 Biaya Operasional                                                                                  ____8
   1.4 Gaji Karyawan                                                                                      ____ 9
   1.5 Perhitungan Margin Keuntungan                                                          ____ 9

BAB V PENUTUP
1.1  Antisipasi Masa depan                                                                        __    10
   1.2 Penutup                                                                                         ___         10
   1.3 Lampiran gambar Produk                                                             ___          11



                                                          
BAB I
PENDAHULUAN
  1. Latar Belakang
Usaha adalahsesuatubentuk yang dapat menghasilkan uang dan dapat meningkat kantaraf hidup seseorang untuk lebih baik. Suatu badan usaha yang kita jalankan dapat menghasilkan laba, atau pendapatan yang semaksimal mungkin, kita menyelenggarakan usaha yang bermanfaat dan menguntungkan dalam kesejahteraan hidup. Selain itu, dalam menjalankan usaha harus mengikuti hukum-hukum ekonomi yang rasional serta norma-norma kebiasaan dalam dunia usaha sehingga dapat membantu pembangunan yang sedang dilaksakan oleh pemerintah.
 Agar dapat memenuhi kebutuhan masyarakat, pemerintah tidak hanya bekerja sendiri. Tetapi juga membuka luas bagi pihak swasta untuk berpartisifasi memenuhi permintaan akan kebutuhan pokok masyarakat yang makin meningkat.
Aktifitas perdagangan, merupakan suatu komponen ekonomi dan merupakan sarana untuk memenuhi kebutuhan pokok masyarakat, maka saya berinisiatif untuk membuka usaha rumah tangga yang bergerak dibidang produksi makanan ringan (snack), yang berbahan dasar dari tunas bambu atau yang lebih dikenal dengan istilah rebung. Rebung ini banyak ditemukan di daerah-daerah pedesaan.  rebung  ini kaya manfaat akan tetapi belum dimaksimalkan keadaan dan fungsinya oleh masyarakat umum, maka dari itu kami berinisiatif membuat kripik dari bahan dasar rebung tersebut.



BAB II
Deskripsi Bisnis
Produk atau  Jenis bisnis : snack (makanan  ringan)
Brand atau  merek          : Crispy Chips Boom
Rasa makanan                : Asin, Manis,Pedas,barbeque
Warna makanan             : kuning, Cokelat, Merah, Merah cabai
bahan baku                     :  bahan baku  utama = rebung ,
      bahan baku  pendukung=bumbu-bumbu
Kemasan                        : Plastik
Harga                              : 5000/@bungkus
Tempat Usaha                 : deposit ke warung kelontong dan warnet sekitar kampus
Kelebihan  lain                : Harga terjangkau dan Isi sesuai, memiliki banyak macam aneka rasa dan warna, Rendah  kolesterol, sebagai teman untuk nonton, dapat dijadikan oleh-oleh  khas daerah
PASAR
v  Lingkup Demand :
  1. Level Produk  : Usaha bersifat medium risk, targeting produk untuk umum atau semua kalangan, penerapan distribusi produk dapat diterapkan bagi masyarakat seluruhnya.
  2. produk       : Makanan ringan 
  3. Wilayah     : Lingkungan kampus UPY, desa sonosewu, dan sekitar area jogja
  4. Waktu        : tidak dibatasi
  5. Target Konsumen        :
                   Umur                                : batas maksimal 45 tahun
                   jenis kelamin                     : Laki-laki dan Perempuan
                   pendidikan-pekerjaan       :   -    Pelajar
-          Mahasiswa
-          Masyarakat umum umur ≤ 50
Faktor Ukuran Demand Pasar
o  Potential Market : sangat berprosepek dimana masyarakat ingin mencoba hal-hal baru yang unik dan menarik : cita rasa produk yang kami buat akan disambut baik oleh kalangan masyarakat karena keingin tahuan masyarakat akan rasa dari produk tersebut karena memiliki 4 rasa dan 4 warna yang berbeda dan juga didukung dengan harga yang terjangkau bagi kalangan masyarakat.
o  Available Market :  mampu membeli bahan-bahan baku utama dan bahan pendukung bumbu dengan mudah dan akses terhadap distribusi produk sangat efisien masih dapat dihandle personal sehingga tidak berbanding terbalik dengan keuntungan yang didapat nanti.
o  Served/ Target Market : Seluruh kalangan masyarakat baik
Mahasiswa, Pelajar , Masyarakat umum.
o  Penetrated Market : Harga Jual murah, mudah Diingat,  jarak usaha yang tidak terlampau jauh.
 Survey Pasar dan Pesaing:
o  Produk Ini sangat berprosepek dimana populasi masyarakat semakin meningkat dari tahun ketahun dan minat selera dan rasa ingin tahu dari masing-masing orangpun berbeda.
o   Dari segi pesaing : daerah lingkup UPY masih sedikit sekali yang merintis usaha keripik yang beraneka rasa dalam satu paket, rata-rata hanya 1 rasa dengan ukuran mini yang tidak dapat di trade mark sebagai ciri khas suatu daerah.
o  Animo masyarakat sangat tinggi dilihat dari tiap baik ruko, maupun gerai, tingkat pengunjung masih selalu mencapai 50%
Jumlah pembuka usaha           : kalangan umum 75%
Pesaing                                    : benchmark pesain kisaran 30%
Potensi Keuntungan                : mencapai 70% keberhasilan

BAB III 
            Analisis SWOT
·         Strength (kekuatan)
1)    Memiliki SDM dengan etos kerja yang baik.
2)    Harga produk ekonomis dan higienis
3)    Inovasi rasa yang berbeda dengan produk lainya.  
·         Weakness (kelemahan)
1)      Kurangnya modal untuk menjalankan bisnis ini
2)      Harga bahan baku yang tidak stabil/ relatif  mahal.
·         Opportunity (peluang/kesempatan)
1)      Tempat yang strategis dalam penjualan
2)      Budaya masyarakat yang konsumtif
·         Threat ( hambatan)
1.      Banyaknya kompetitor yang bergerak dibidang yang sama

             Faktor Penghambat dan Pendukung
Setiap usaha yang dijalankan, pasti ada yang sukses dan ada yang belum sukses seperti halnya usaha ini. Ada beberapa hal yang menurut kami akan menghambat dan sangat mendukung dalam menjalankan usaha ini.
A.    Faktor penghambat tersebut diantaranya :
1.    Banyaknya usaha yang sama
2.    Harga bahan baku yang tidak stabil.
3.    Kurangnya modal produksi produk
Akan tetapi, kami sudah merencanakan untuk memecahkan masalah faktor penghambat tersebut diantaranya yaitu dengan berhati–hati dalam mengelola setiap anggaran dana yang akan dikeluarkan. Sedangkan untuk mengatasi faktor yang kedua, yakni harga bahan baku tidak stabil, kami menyiasatinya dengan membeli bahan baku langsung kepada petani setempat agar memperoleh harga yang lebih murah.
B.     Faktor pendukung usaha ini diantaranya :
1.    Kondisi tempat, dan peralatan yang memadai
2.    Higienis dan harga yang relatif terjangkau
3.    Merupakan salah satu bagian produk yang banyak dicari oleh konsumen.
STRATEGI PEMASARAN:
·         Produk crispy chips dideposit pada setiap warung kelontong dan warnet. Dimana tempat tersebut merupakan sasaran paling tepat.
·         Untuk Launching produk selama satu minggu harga didiskon menjadi 2 ribu/bungkus sehingga masyarakat terpancing untuk membeli
·         Pemberian harga terjangkau Rp.5000 dengan keuntungan :
o   Setiap pembelian diatas 3 bungkus produk diberikan 1 bungkus gratis
o   Dalam kemasan di bumbuhi hadiah baik : uang, gantungan kunci, sticker,dll
Hasil Evaluasi Komulatif  :
o  Volume dan nilai penjualan                : Baik
o  Pangsa pasar pada lokasi riset             : Prospek
o  Tingkat keuntungan                            : Prospek
o  Biaya Bahan Baku & Produksi           : Baik
o  Efektivitas strategi pemasaran            : sangat baik
o  Tingkat persediaan pengecer               : Baik
o  Animo  konsumen                               : Baik
o  Kelancaran saluran distribusi             : Baik
BAB IV
ASPEK PRODUKSI
Fasilitas dan Peralatan Produksi
Dalam kegiatan usaha ini kami menggunakan fasilitas yang diperoleh dari modal sendiri, yaitu sebagai berikut :
A. Bahan Baku
No
Bahan
Qty
Unit satuan
Harga Total
1
Rebung/Tunas bambu
75 Kg
Rp.  4.700,-
Rp. 350.000,-
2
Garam
4 Kg
Rp.  3.000,-
Rp. 12.000,-
3
Bumbu :  Rasa Manis
                Rasa Pedas
                Rasa Barbeque
10 kg/rasa
Rp. 15.000,-
Rp. 150.000,-
4
Minyak Goreng
25 Kg
Rp. 9.000
Rp. 225.000,-
Jumlah Total
Rp. 737.000,-

   B.     Investasi:
                                                                                   
No
Item
Qty
Unit Satuan
Harga Total
1
Kompor gas
5
Rp. 250.000,-
Rp.1.250.000,-
5
Sewa Tempat
5
Rp25.000,-
Rp. 100.000,-
3
Penggorengan
4
Rp. 35.000,-
Rp. 140.000,-
4
Penyaringan
6
Rp. 8.000,-
Rp. 48.000,-
5
Baskom
4
Rp. 20.000,-
Rp. 80.000,-
6
Panci
4
Rp. 12.000,-
Rp. 48.000,-
7
Kuali
4
Rp. 20.00,-
Rp. 80.000,-
8
Plastik/kemasan
240/4pcs
Rp.40.000,-
Rp. 188.000,-
Jumlah Total
Rp. 1.934.000,-

   C.    Operasional
No
Item
Qty
Unit Satuan
Harga Total
1
Listrik
1
1
Rp. 120.000,-
2
Promosi
1
1
Rp. 50.000,-
2
Gas
10 (5kg)
Rp. 14.000,-
Rp.140.000,-
3
Perawatan
1
1
Rp. 100.000,-
4
Transport
3
Rp.5000/kendaraan
Rp. 15.000,-





Jumlah Total
Rp. 285.000,-



D.    Gaji Karyawan
No
Nama Jabatan
Qty
Gaji/bulan
Gaji total
1
Bagian Produksi
4
Rp. 450.000,-
Rp. 450.000,-
2
Bagian Bendahara
1
Rp. 800.000,-
Rp. 800.000,-
3
Bagian Sekretaris
2
Rp. 800.000,-
Rp. 800.000,-
4
Bagian Marketing
1
Rp.600.000,-
Rp.600.000,-
5
Bagian Operasional
3
Rp.400.000,-
Rp.400.000,-
Jumlah Total
Rp. 3.050.000,-





Perhitungan Keuntungan

$  Harga Jual    : Rp. 5.000,-/ bungkus  x 240 kemasan  = Rp. 1.200.000,-
$ Harga Beli Bahan Baku : Rp. 737.000,-
Jadi keuntungan yang didapat adalah :
Rp. 1.200.000 -737.000 = Rp. 463.000,- (laba Kotor)

Laba Bersih :
Rp. 463.000 – Rp. 285.000  = Rp. 238700


 Perhitungan margin keuntungan :

Rp 2
38.700
                                   ---------------- x 100% = 46,66%
Rp 480.000





PENUTUP

   A.  ANTISIPASI MASA DEPAN
Sebagai wirausahawan yang baik, kami tidak akan membiarkan usaha ini berjalan secara mendatar. Kami akan terus mencoba memperbaiki kualitas pekerjaan kami, agar para peminat dan konsumen puas atas makanan ringan (kripik) yang kami buat. Karena apabila kualitas kripik kami tidak kami tingkatkan kemungkinan besar usaha ini tidak akan maju, dan terancam bangkrut.
 
  B. KESIMPULAN
Menurut kami usaha ini dapat berkembang dan akan mencapai keberhasilan. Kami sangat yakin bahwa usaha ini akan maju dan terus berkembang karena dilakukan oleh orang–orang yang mempunyai kualitas dalam menjalankan setiap pekerjaan. Kami sadar bahwa usaha ini tak akan langsung berkembang pesat tapi kami akan terus berjuang untuk terus menjalankan dan mengembangkan usaha ini.






Post a Comment

0 Comments