Cara Atasi Sariawan pada Anak

Anak – anak ternyata sering mengalami sariawan. Sariawan adalah luka yang ada di dalam rongga mulut. Gangguan ini tentu akan mengganggu proses pencernaan minuman dan makanan pada buah hati anda.
Makanan atau minuman yang masuk ke mulut saat dikunyah akan menyentuh sariawan tersebut dan menimbulkan rasa sakit yang luar biasa. Sariawan pada anak juga dapat menyebabkan anak menjadi kurang nafsu makan.

Sariawan bisa terjadi pada bayi, namun biasanya sariawan pada bayi cukup sulit dideteksi sebab mulut bayi masih sangat kecil dan sulit mencari dimana lokasi sariawan tersebut.
Kasus sariawan antara anak yang satu dengan yang lain seringkali berbeda.
Sariawan terdiri dari beberapa jenis yakni:
1. Stomatis apthosa disebabkan oleh trauma kejadian tertentu misalnya trauma karena tergigit giginya sendiri atau karena terkena sikat gigi saat gosok gigi yang dapat membuat mulutnya lecet atau luka.
2. Oral Thrush Moniliasis disebabkan oleh jamur Candida albican. Sariawan ini yang seting terjadi pada balita dan bayi.
3. Stomatic herpetic disebabkan oleh virus herpes yang menyerang tenggorokan
Walaupun terlihat sederhana, sariawan sangat menganggu aktivitas si kecil.
Untuk mengatasi sariawan pada si kecil, berikut ini ada beberapa tips yang dapat dilakukan untuk membantu menghilangkan sariawan pada anak.
a. Penuhi kebutuhan cairan si kecil. Saat si kecil sariawan, sebagai ibu anda harus memastikan bahwa si kecil mendapatkan asupan cairan yang cukup karena ada beberapa anak tidak mau minum saat mereka sedang sariawan.
Jika cairan si kecil terpenuhi, ia akan terhindar dari dehidrasi. Anda dapat memberikan minuman dan makanan yang mengandung vitamin B dan C seperti apel, jeruk, tomat, dan sayuran yang dapat diolah dalam bentuk jus, sehingga si kecil lebih mudah untuk memakannya dan tidak akan menyebabkan rasa sakit.
b. Suapi si kecil perlahan – lahan. Anak – anak seringkali kurang berhati – hati saat makan. Anda dapat menyuapinya perlahan – lahan supaya sariawannya tidak tersentuh oleh sendok yang digunakan untuk makan.
c. Gunakan gelas untuk minum si kecil. Jangan menggunakan botok ketika memberikan minuman untuk si kecil. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari adanya kontak langsung dengan sariawan karena dapat membuat si kecil merasa semakin nyeri dan trauma terhadap makanan.
d. Gunakan Obat A*B*TIL untuk menghilangkan rasa sakit dan sariawan yang terasa menyakitkan akan berkurang dan lekas sembuh
Mencegah tentu lebih baik daripada mengobati. Oleh karena itu jika anak anda belum terkena sariawan, ada beberapa tips untuk mencegah sariawan, diantaranya adalah memberikan makanan yang mengandung vitamin C, menjaga kebersihan gigi dan mulut si kecil, dan pilihlah sikat gigi yang lembut.
Beberapa tips diatas tadi semoga dapat membantu anda untuk mengatasi sariawan pada si kecil dan mencegah agar anak terhindar dari sariawan.
Jika anak sehat, ia pun pasti akan semakin bersemangat untuk menjalani aktivitasnya dan dapat berkembang dengan baik.

sumber : untukku.com
add by : tricklik.blogspot.com
Tag : kesehatan
0 Komentar untuk "Cara Atasi Sariawan pada Anak"
Back To Top