KOMPUTER
Def :Komputer digunakan sebagai alat bantu untuk menyimpan, mengolah, dan mengambil kembali data atau informasi yang diperlukan.
Versi Pdf download disini : DOWNLOAD
Berbagai Aktivitas Kehidupan Manusia
dengan Menggunakan Komputer :
1. Perbankan
2. Perdagangan
3. Industri
4. Transportasi
7. Seni
8. Penelitian
9. Rekreasi
10. Hankam 4. Transportasi
5. Rumah Sakit
6. Pendidikan
10. Hankam
11. Komunikasi
Bidang Perbankan
· Sistem uang elektronik (ATM, kartu kredit dan debit)
· Penyimpanan data
· Pemrosesan transaksi secara on-line
· Pembayaran tagihan secara on-line
Bidang Perdagangan
· Memproses data transaksi dalam jumlah yang banyak.
· Menyimpan hasil transaksi, persedian barang-barang (stock).
· Pembuatan laporan keuangan, faktur, surat-surat, dokumen
· dan lain-lain
· Selain pembayaran tunai bisa juga secara elektronik Selain pembayaran tunai bisa juga secara elektronik
Bidang Industri
· CAM – Computer Aided Manufacturing untuk meningkatkan
· produktivitas
· CAD – Computer Aided Design untuk merancang produk
· industri misal : mobil, dll
· Penggunaan robot yang dikendalikan oleh komputer dari Penggunaan robot yang dikendalikan oleh komputer dari
· jarak jauh.
Bidang Kedokteran
· Membantu dokter dalam mendiagnosis penyakit pasien.
· CAT – Computer Axial Tomography untuk menghasilkan
· gambar sinar-X bergerak.
· Membantu tuna netra membaca dengan teks khusus.
· Menyimpan riwayat penyakit pasien, penggajian karyawan RS Menyimpan riwayat penyakit pasien, penggajian karyawan RS
Mengelolaan persediaan obat-obatan.
Bidang Pendidikan
· CBE – Computer Based Education sebagai alat pembelajaran.
· CAI – Computer Assisted Instruction digunakan pendidik
· untuk menyampaikan arahan dalam pelajaran.
· Menyimpan data-data pendidik dan para murid, materi
· belajar dan soal-soal ujian maupun latihan. belajar dan soal-soal ujian maupun latihan.
Bidang Seni
· SYNTHESIZER digunakan untuk bunyi alat musik seperti
· bunyi gitar dan piano.
· Untuk proses penciptaan lagu.
· Untuk menghasilkan animasi dalam film-film kartun dan
· special effect. special effect.
Bidang Penelitian Science
· Penyelidikan tenaga nuklir dan pemrosesan data.
· Penelitian ruang angkasa
· Ramalan cuaca seperti pengambilan gambar awan.
Bidang Rekreasi
· Sumber alat rekreasi seperti games on-line.
· Roller Coaster yang dikendalikan oleh komputer
Bidang Hankam
· Kapal perang & kapal terbang dipasang peralatan komputer
· untuk membantu navigasi atau serang yang lebih tepat.
· Untuk simulasi perang atau terbang
Bidang Komunikasi
Telekomunikasi yaitu teleconference.
E-mail, voice mail dll
Modem sebagai alat sarana komunikasi antar komputer
dengan internet.
PEMANFAATAN KOMPUTER DALAM
BERBAGAI BIDANG BERBAGAI BIDANG
AGENDA:
KOMPUTER DAN PENDIDIKAN
KOMPUTER DAN DUNIA USAHA KOMPUTER DAN DUNIA USAHA
KOMPUTER DAN PEMERINTAHAN
Bagaimana komputer diterapkan di :
1. dunia pendidikan
2. dunia Bisnis
APA YANG ANDA KETAHUI?
2. dunia Bisnis
3. pemerintahan
KOMPUTER DAN
DUNIA PENDIDIKAN DUNIA PENDIDIKAN
Aplikasi Non Pengajaran
CBE (Computer Based Education)
Bersifat menyeluruh, semua aplikasi komputer dalam pendidikan
dapat dikategorikan dalam bidang ini. CBE juga digunakan untuk
aplikasi-aplikasi bukan pengajaran, yang menunjang
pendidikan, seperti: mengolah data, mencatat kehadiran
pendidikan, seperti: mengolah data, mencatat kehadiran
pengajar dan siswa,menyimpan arsip data pribadi, dll.
CAT (Computer AssistedTesting)
Ujian berbantuan komputer
Sebagai pengganti kertas ujian
Tanya jawab interaktif
CAG (Computer Assisted Guidance)
Komputer digunakan sebagai sarana untuk mencari informasi
yang diperlukan untuk memberikan pengarahan kepada
pemakai.
Informasi yang diperoleh tidak meningkatkan keahlian Informasi yang diperoleh tidak meningkatkan keahlian
pemakai secara langsung, tetapi dapat membantu pemakai
dalam mengambil keputusan-keputusan tertentu.
CMI (Computer Managed Instruction)
Komputer digunakan untuk merencanakan kuliah, dan dapat
digunakan untuk memantau prestasi siswa dan membuat
laporan secara teratur.
Aplikasi Pengajaran
CAI (Computer Assisted Instruction)
Jenis Aplikasi CAI :
Latih dan Praktek (Drill and Practice)
Menguji tingkat pengetahuan siswa.
Penjelasan (tutorial)
Penjelasan (tutorial)
Untuk materi ajaran baru, siswa dapat berinteraksi dengan
komputer.
Simulasi
Digunakan untuk mengkaji permasalahan yang rumit.
Pemainan (game)
Agar bisa mendapat pengetahuan dengan santai.
Contoh: Sistem CAI – PLATO
Dibuat di Illinois Univ. & Central Data Corp.
Tujuan : memotong jalur pendidikan formal dan langsung belajar di rumah
berupa latih, praktek, penjelasan dan simulasi.
Menggunakan bahasa pemrograman TUTOR untuk : bhs prancis, Jerman,
spanyol & Aritmatika dasar serta Fisika u/: SLTA, pelatihan pegawai baru di
UNITED AIRLINES
Digunakan di IBM, Apple II plus, ATARI 800 dan Texas instrument TI 99/4A
Rancangan PLATO :
Terdiri dari satu komputer besar CDC dihubungkan ke terminal-
terminal jarak jauh.
Jalur komunikasi : satelit, kawat khusus & telepon.
terminalnya memiliki kemampuan touch sensitive dan keyboard,
optical scanner, unit pencetak.
melayani sampai dengan 32 lokasi berbeda, masing-masing 32
terminal
Kelebihan : dapat memantau perkembangan belajar siswa dan mendorong
siswa belajar lebih cepat
Metode Pengajaran Logo
Menggabungkan 3 bidang ilmu : Kecerdasan buatan, psikologi &
Ilmu komputer.
Dikembangkan oleh Seymour Papert dan partner.
Tujuan pengembangan :
Membuat berbagai model metode belajar.
Berinteraksi dengan model untuk memperbaiki hasil yang sudah
Berinteraksi dengan model untuk memperbaiki hasil yang sudah
dicapai.
Mengembangkan cara untuk meningkatkan perasaan ingin belajar
Metode pengajaran LOGO
Dibantu & mencari jalan sendiri.
Kelebihan : kemampuan bertanya jawab secara lansung.
Fasilitas yang terkenal : grafika kura-kura (turtle graphic) yaitu
suatu lambang berbentuk segitiga di layar.
Metode Pengajaran Small Talk-80
Menggunakan jaringan komputer (tiap komputer
disebut OBJECT).
Kelebihan : fasilitas grafis berkemampuan tinggi dan
siap pakai.
Pemakai tidak perlu mengerti aspek teknis komputer,
cukup pengetahuan dasar logika sehingga komputer
mengarahkan mereka dengan cara yang mudah
dimengerti.
KOMPUTER DAN DUNIA USAHA
Sistem Informasi merupakan suatu kombinasi teratur dari orang-orang,
hardware, software, jaringan komunikasi dan sumber daya data yang
mengumpulkan, mengubah, dan menyebarkan informasi dalam sebuah
organisasi.
Definisi
Sistem Informasi adalah satu Kesatuan data olahan yang terintegrasi dan saling
melengkapi yang menghasilkan output baik dalam bentuk gambar, suara
maupun tulisan
Sistem informasi adalah sekumpulan komponen pembentuk sistem yang
mempunyai keterkaitan antara satu komponen dengan komponen lainnya
yang bertujuan menghasilkan suatu informasi dalam suatu bidang tertentu.
SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
(SIM)
Jaringan prosedur pengolahan data yang
dikembangkan dalam suatu organisasi untuk
memberikan informasi kepada manajemen untuk
memberikan informasi kepada manajemen untuk
mendukung pengambilan keputusan dalam rangka
mencapai tujuan organisasi.
Pengolahan Data
• Menurut George R. Terry pengolahan data adalah
serangkaian operasi atas informasi yang
direncanakan guna mencapai hasil yang
diinginkan.
• Jadi Pengolahan Data merupakan suatu proses • Jadi Pengolahan Data merupakan suatu proses
atau langkah yang dilakukan dengan suatu sarana
yang memungkinkan (manual/komputer) untuk
mengubah data menjadi informasi agar dapat
digunakan untuk tujuan tertentu.
8 Aktifitas Pengolahan Data
Input (masukan)
Calculating (menghitung)
Comparing (membandingkan)
Sorting (menyortir) Sorting (menyortir)
Output (keluaran)
Storing (menyimpan)
Reading (membaca)
Transmiting (memindahkan)
Model Sistem Pengolahan Data
• Sistem Terbuka
Proses pengolahan data dilakukan dengan sistem
terbuka tanpa feedback (umpan balik) sehingga
kualitas hasil tidak dapat diukur/dikontrol dan jika kualitas hasil tidak dapat diukur/dikontrol dan jika
terjadi kegagalan resikonya fatal.
• Sistem Lingkaran Tertutup
Proses pengolahan data memanfaatkan feedback (umpan balik)
untuk pengendalian proses sehingga kualitas output dapat diukur
setiap saat akibatnya resiko kegagalan rendah. Umpan balik yang
baik memiliki dmensi-dimensi sebagai berikut: Relevansi, Akurasi,
Ketepatan Waktu, Kelengkapan
Model Sistem Pengolahan Data (2)
Ketepatan Waktu, Kelengkapan
Fungsi Informasi
• Informasi adalah bahan bagi pengambilan keputusan yang
berfungsi untuk:
• Menambah pengetahuan pemakai informasi
• Mengurangi ketidakpastian pemakai informasi karena dapat
memberikan gambaran tentang suatu permasalahan sehingga
pengambil keputusan dapat menentukan keputusan secara lebih
memberikan gambaran tentang suatu permasalahan sehingga
pengambil keputusan dapat menentukan keputusan secara lebih
cepat.
• Menjadi standar, aturan, maupun indikator bagi pengambil
keputusan untuk menentukan keputusan secara lebih baik.
• Diperlukan Sistem Informasi manajemen supaya informasi
sebanyak apapun dapat dikelola secara efektif dan efisien.
KETRAMPILAN MANAJEMEN
Top
Manajer
First Line
Manajer
Middle
Manajer
Kebutuhan SIM pada Organisasi
Manajemen Tingkat Atas
• ESS (Executive Support System)
Manajemen Tingkat Menengah Manajemen Tingkat Menengah
• DSS (Decision Support System)
• MIS (Manajement Information System)
• OA (Office Automations)
Bagian Operasional
• DP (Data Processing)
• TPS (Transaction Processing System)
Mengapa perlu SIM?
• Jumlah transaksi yang besar, sangat membutuhkan
tersedianya informasi.
• Adanya departemenisasi dalam suatu organisasi, kebutuhan
informasi bukan merupakan persoalan yang sederhana.
Kebutuhan informasi bukan hanya berkaitan dengan relasi di
luar organisasi, tetapi juga berkaitan dengan person-person
Kebutuhan informasi bukan hanya berkaitan dengan relasi di
luar organisasi, tetapi juga berkaitan dengan person-person
yang ada pada departemen dalam organisasi yang
bersangkutan. Oleh karena itu diperlukan koordinasi dan
komunikasi yang sistematik.
• Semakin kompleksnya kegiatan, akan mempersulit
koordinasi dan komunikasi apabila tidak diciptakan suatu
sistem. Akibatnya efisiensi dan efektifitas menjadi sesuatu
yang sulit untuk diwujudkan.
Keuntungan SIM
Pimpinan dapat memanfaatkan waktu secara
efektif dan efisien
Pengumpulan data berlangsung secara
sistematika dan periodik sistematika dan periodik
Butir-butir data tidak perlu diperbanyak
walaupun dapat digunakan oleh beberapa
keperluan
Efisiensi, efektifitas dan transparansi
meningkat.
SIM Membutuhkan :
1. Sumber Daya Manusia
2. Sumber Daya Hardware
3. Sumber Daya Software
4. Sumber Daya Data
4. Sumber Daya Data
5. Sumber Daya Jaringan
Mengurangi Kesalahan
Mengurangi Biaya
Meningkatkan Efisiensi Operasional
Meningkatkan Kemampuan Bersaing Meningkatkan Kemampuan Bersaing
Meningkatkan Hub. Dgn Mitra dagang
Meningkatkan Pelayanan Pelanggan
SISTEM OTOMASI PERKANTORAN (Office
Information System )
Sistem yang memberikan fasilitas tugas-tugas pemrosesan
informasi sehari-hari didalam perkantoran dan organisasi bisnis.
Aplikasi Otomatisasi Perkantoran
1. Pengolah Kata (Word Processing) 1. Pengolah Kata (Word Processing)
2. Surat Elektronik (Electronic Mail)
3. Surat Bersuara (Voice Mail)
4. Kalender Elektronik (Electronic Calendaring)
5. Konferensi Suara (Audio Conferencing)
6. Konferensi Video (Video Conferencing)
7. Facsimile (FAX)
8. Videotext
9. Pencitraan (Imaging)
10. Desktop Publishing
KOMPUTER DAN
PEMERINTAHAN PEMERINTAHAN
Memberi kemudahan dan kesederhanaan prosedur, sehingga
penerapannya memerlukan perubahan struktur organisasi
pemerintahan itu sendiri.
TUJUAN:
Membentuk hubungan:
G2C (Governmet to Citizen)
G2B (Government to Business)
G2G (Government to Government).
G2G (Government to Government).
MANFAAT UMUM
Peningkatan hubungan antara:
• Pemerintah
• Pelaku bisnis
• Masyarakat umum
APLIKASI KOMPUTER DI
PEMERINTAHAN
Aplikasi kepegawaian
Aplikasi di pemerintahan daerah
Aplikasi Surat tanda nomor kendaraan
bermotor (STNK)
bermotor (STNK)
Aplikasi perpajakan
Aplikasi pertanahan
dll
PEMICU UTAMA e-GOV
Era Globalisasi melanda lebih cepat
Perkembangan ICT yang pesat
Tuntutan penyelenggaraan pemerintah yang transparan,
Tuntutan penyelenggaraan pemerintah yang transparan,
efisien dan efektif.
Pesatnya pertumbuhan Digital Enterprize
DEFINISI e-GOVERNMENT
Penyelenggaraan pemerintahan berbasis ICT yang kemudian
menghasilkan hubungan bentuk baru seperti: G2C
(Government to Citizen), G2B (Government to Business
Enterprises), dan G2G (inter-Government relationship) sehingga
mampu meningkatkan kualitas layanan publik secara
mampu meningkatkan kualitas layanan publik secara
transparan, efektif dan efisien
MANFAAT e-GOVERNMENT
Pemerintah
1. Menunjang Good Governance
2. Meningkatnya layanan publik 24/7
3. Meningkatkan Efisiensi dan Efektivitas pelayanan publik(
Informasi dapat dicari dari kantor, rumah, tanpa harus secara
fisik datang ke kantor pemerintahan)
4. Menjadi sarana Public Relation untuk meningkatkan citra
Pemerintah
5. Menciptakan peluang bagi pemerintah pusat maupun daerah
untuk mendapatkan sumber-sumber pendapatan baru.
6. Pemberdayaan masyarakat (Masyarakat mudah melakukan
pengaduan atau keluhan terhadap kondisi lingkungannya)
7. Meningkatkan kualitas data kependudukan.
KARAKTERISTIK
GOOD GOVERNANCE
1. Visi Strategis
2. Partisipasi masyarakat
3. Aturan hukum yang jelas
4. Transparansi
5. Dapat dipertanggung-jawabkan
6. Responsif
7. Keadilan dan persamaan
8. Profesional
JENIS LAYANAN e-GOV (2)
Layanan e-Gov yang terintegrasi dapat dipilah dalam tiga level,
yaitu:
Publikasi, pemerintah secara transparan mempublish ke website
segala macam informasi, kebijakan, prosedur, aturan perundangan,
aktivitas pemerintahan dsb
Interaksi, pemerintah dan masyarakat dapat melakukan
komunikasi dua arah melalui media web maupun email, sebagai
upaya mengikut sertakan masyarakat dalam proses pembangunan
upaya mengikut sertakan masyarakat dalam proses pembangunan
daerah, tentunya hal ini sangat sejalan dengan semangat otonomi
daerah
Transaksi, pemerintah mengikutsertakan masyarakat secara
terbuka untuk bertransaksi dengan pemerintah, misalnya dalam hal
lelang maupun tender online, lebih jauh lagi pemerintah dapat
memfasilitasi masyarakat dengan investor untuk melakukan kegiatan
e-business.
infrastruktur
Sarana fisik
Perangkat hardware yang berkembang pesat
Jaringan Telekomunikasi yang sudah terbangun baik
jaringan back bone maupun jaringan akses seperti: VSAT, jaringan back bone maupun jaringan akses seperti: VSAT,
ISDN, SKSO, DSL, VoIP, dsb
Sarana non-fisik
Perangkat peraturan dan perundang-undangan
Kebijakan
Kunci sukses pemerintahan
1.Pemanfaatan ICT dalam proses penyelenggaraan pemerintahan
Penggunaan Internet
Penggunaan Infrastruktur Telematika
Penggunaan Aplikasi Sistem Informasi Penggunaan Aplikasi Sistem Informasi
Standarisasi Metadata
Transaksi dan Pertukaran Data Elektronik
Sistem Dokumentasi Elektronik
Pembangunan Basis Data Terintegrasi
2.Adanya 5 kategori ketersediaan :
akses jaringan yang dapat dijangkau oleh semua lapisan
masyarakat baik medianya (PC,PDA, Mobile Phone dll)
maupun tempat aksesnya (Kantor, Kampus, Fasilitas
Pemerintah, Warnet, Warintek, dll).
kepemimpinan pemerintah dan industri dalam
mengusahakan e-government dan e-business
kepemimpinan pemerintah dan industri dalam
mengusahakan e-government dan e-business
kekuatan hukum dalam melindungi hak intelektual,
ketersediaan tenaga kerja yang mendukung e-business
iklim e-business.
3. Perubahan Paradigma
ICT hanyalah sebatas tools, namun yang terpenting
dari e-government adalah perubahan paradigma, dari
Government Centric menuju Customer Centric Government Centric menuju Customer Centric
sehingga layanan-layanan yang diberikan sesuai dengan
apa yang menjadi kebutuhan masyarakat.
Hambatan dalam E-Government
1. Masalah Pendanaan
Sudah tersedia dana, tapi belum tahu bagaimana
memanfaatkannya
Sudah tersedia dana, perencanaan penggunaannya masih
semrawut
Dana yang sudah dikeluarkan tidak tepat sasaran
Alokasi dana kurang proporsional
Alokasi dana kurang proporsional
Perlu metoda untuk optimalisasi dana
2. Infrastruktur (fisik dan non-fisik)
Sarana fisik: perangkat hardware, Jaringan telekomunikasi,
fasilitas IT lainnya
Sarana non-fisik:
Perangkat peraturan dan perundang-undangan
Kebijakan
3. Masalah Standarisasi
Agar proses pelayanan dapat memenuhi syarat-syarat yang
ditetapkan
Agar proses berjalan secara seragam
Agar ada prosedur operasional yg stabil
Agar terjadi keunikan dalam identifikasi data dan kemampuan Agar terjadi keunikan dalam identifikasi data dan kemampuan
penelusuran data
Agar integrasi e-government secara nasional dapat berjalan
dengan lancar
4. Sumber Daya Manusia (SDM)
5. Kultur berbagi belum ada.
6. Kultur mendokumentasi belum lazim.
7. Tempat akses yang terbatas.
Ciri Masyarakat Informasi
1. Ilmu pengetahuan menjadi sumber utama dalam dunia
usaha
2. Ilmu pengetahuan menjadi aset bagi siapa saja
3. Ilmu pengetahuan mendongkrak lajunya kemajuan usaha
4. Mengumpulkan, mengolah, dan memanfaatkan
informasi untuk pengambilan keputusan
Komputer dan Masyarakat Informasi
- Komputer sebagai mesin pengolah informasi,
membuka kemungkinan baru dalam hidup manusia
- Zaman informasi adalah gambaran yang lengkap
tentang jaringan komunikasi yang menghubungkan
perumahan, dunia usaha, dan pemerintahan
perumahan, dunia usaha, dan pemerintahan
- Digantikannya surat biasa dengan surat elektronik dan
pertemuan tatap muka dengan konferensi jarak jauh
Surat Elektronik
Electronic Computer Originated Mail (E-COM) – 1981
: mengkombinasikan antara cara komunikasi elektronik
dengan pengantaran surat tradisional
MCI Communication Corporation : menyediakan
jaringan komunikasi untuk mengirim dan menerima
jaringan komunikasi untuk mengirim dan menerima
pesan bagi pelanggan
Purolator Courier : pelayanan overnight service
Jenis-jenis Pelayanan Jasa Mail Box
A. Surat Elektronik Melalui Kotak Surat Terpusat :
Pengirim mengirimkan surat elektronik ke mail box, pada saat
lain penerima memeriksa mail box tersebut
B. Surat Elektronik langsung : Pengirim pada terminalnya
mengirimkan pesan melalui media perantara yang dapat
dibaca oleh penerima di terminal tujuan
dibaca oleh penerima di terminal tujuan
C. Surat Elektronik melalui Kotak Surat Lokal : Pengirim
menggunakan terminalnya untuk mengirim surat pada malam
hari, karena tarif lebih rendah, kemudian penerima akan
memeriksa esok hari
VIDEOTEX
Jenis-jenis kegiatan transaksi ekonomi :
- Pengambilan kembali informasi
- Transaksi
- Penyampaian pesan
- Monitor jarak jauh
- Monitor jarak jauh
- Komputasi
- Bekerja di rumah
- Pendidikan di rumah
Tiga jenis pelayanan informasi utama
Pengambilan kembali informasi dari basis data
Teletext
Video Text
Pandangan ke depan untuk dunia yang
kurang maju tingkat peradabannya
Pengikisan terhadap kepentingan nasional
Terhentinya arus informasi
Meningkatnya pengangguran
Masalah kawasan industri
Reorganisasi ekonomi
Reorganisasi ekonomi
Ancaman terhadap kebudayaan nasional
Etika dan Profesionalisme
Alasan : masyarakat harus dilindungi dari kerugian yang
ditimbulkan karena ketidakmampuan teknis dan perilaku
yang tidak etis, dari mereka yang menganggap dirinya sebagai
tenaga profesional dalam bidang tersebut
Profesi ?
Merupakan kelompok lapangan kerja yang khusus
melaksanakan kegiatan yang memerlukan keterampilan
dan keahlian tinggi, untuk memenuhi kebutuhan yang
rumit dari manusia, dimana pemakaian dengan cara yang
benar keterampilan dan keahlian yang tinggi hanya dapat
dicapai dengan penguasaan pengetahuan, serta adanya
dicapai dengan penguasaan pengetahuan, serta adanya
disiplin etika yang dikembangkan dan diterapkan oleh
kelompok anggota yang menyandang profesi tersebut.
Profesionalisme ?
Merupakan pelaksanaan tugas dan kewajiban untuk memenuhi
kebutuhan yang rumit dari klien, yang mencakup
pengambilan keputusan dengan kemungkinan akibat yang luas
bagi masyarakat
Etika profesi : penggunaan bakuan dari evaluasi moral
Usaha-usaha untuk meningkatkan kemampuan
profesional di bidang teknologi komputer dan
informasi
1. Sertifikasi
2. Akreditasi
3. Forum Komunikasi
Etika profesi : penggunaan bakuan dari evaluasi moral
terhadap masalah penting dalam kehidupan profesional.
Issue pokok yang menjadi sumber dilemma
etika hubungan klien-profesional
1. Prinsip dasar
2. Egoisme
3. Kerahasiaan
a. Pragmatisme
b. Hak Azazi
b. Hak Azazi
4. Otonomi Klien
Tujuan penyusunan kode etik da
perilaku profesional
1. Memberi pedoman bagi anggota asosiasi dalam aspek-
aspek etika dan moral, terutama yang berada di luar
jangkauan hukum, undang-undang dan peraturan-
peraturan yang berlaku
2. Memberi perlindungan bagi kelompok masyarakat
2. Memberi perlindungan bagi kelompok masyarakat
terhadap berbagai macam perilaku yang merugikan,
sebagai akibat adanya kegiatan di bidang profesi yang
bersangkutan
Beberapa usaha untuk meningkatkan kode etik
1. Menyebarkan dokumen kode etik kepada orang yang
menyandang profesi yang bersangkutan
2. Melakukan promosi etika profesional
3. Memberikan sanksi disipliner yang melanggar kode etik
PERUBAHAN MANAJEMEN
- Informasi langsung ke pimpinan tanpa campur tangan tingkat
menengah dengan bantuan SIM (Sistem Informasi
Manajemen)
- Manajer tingkat menengah yang mau bertahan bertahan,
harus mengubah paradigma
harus mengubah paradigma
- Komunikasi mengambil pola komunikasi elektronik yang
yang bersifat maya)
- Manajer tingkat atas memiliki tanggung jawab yang lebih dan
dalam mengambil keputusan dibantu oleh oleh DSS (D
ecision Support System)
Kunci Keberhasilan Era Informasi
• Creativity
• Customizability
• Convenience (Total Customer Satisfaction)
• Human Resource (Siapkan… BUKAN mencari……)
Layanan Elektronis (e-Services) : e-Services adalah istilah yang menunjukkan penyediaan layanan
melalui Internet
– E-commerce, mis: jual-beli secara online
– E-government, mis: pelayanan publik melalui Internet
– E-library: layanan perpustakaan digital
– E-library: layanan perpustakaan digital
– E-ticketing: membeli tiket elektronis
– Semua serba “E”, dll
Kata “layanan” secara implisit menunjuk 3 hal
– Penyediaan layanan oleh penyedia (provider)
– Pemanfaatan dan akses layanan oleh pihak yang
memerlukan (pemakai)
– Penyampaian (delivery) layanan dari penyedia ke
pemakai
PROFESI DI BIDANG TEKNOLOGI INFORMASI
BEBERAPA TERMINOLOGI
• PEKERJAAN
Kodrat manusia untuk bertahan hidup di dunia
Suatu aktivitas manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.
• PROFESI
Bagian dari pekerjaan, tetapi tidak semua pekerjaan adalah profesi
Adalah pekerjaan yang mengharuskan pelakunya memiliki pengetahuan yang
diperoleh dari pendidikan formal dan ketrampilan tertentu yang diperoleh diperoleh dari pendidikan formal dan ketrampilan tertentu yang diperoleh
melalui praktek dan pengalaman kerja pada orang yang terlebih dahulu
menguasai ketrampilan tersebut
• PROFESIONALISME (lanjutan)
– Usaha-usaha untuk meningkatkan kemampuan profesional di
bidang teknologi komputer & informasi adalah:
1. Sertifikasi
2. Akreditasi
3. Forum Komunikasi 3. Forum Komunikasi
• ETIKA PROFESI
– Penggunaan bakuan dari evaluasi moral terhadap masalah
penting dalam kehidupanprofesional.
DILEMA ETIKA PROFESI
• Issue pokok yang menjadi sumber dilema etika hubungan klien –
profesional
1. Prinsip dasar
2. Egoisme
3. Kerahasiaan
a. Pragmatisme
b. Hak Azazi b. Hak Azazi
4. Otonomi Klien
• KodeEtik
Tata aturan berdasarkan aspek etika dan moral yan disepakati bersama oleh
anggota suatu asosiasi profesi untuk dijadikan pedoman dalam
bertindaksecara profesional
KODE ETIK & PROFESIONALISME
Tujuan penyusunan kode etik & perilaku profesional :
• Memberi pedoman bagi anggota asosiasi dalam aspek-aspek etika dan moral,
terutama yang berada di luar jangkauan hukum, undang-undang dan peraturan-
peraturan yang berlaku
• Memberi perlindungan bagi kelompok masyarakat terhadap berbagai macam
perilaku yang merugikan, sebagai akibat adanya kegiatan di bidang profesi yang
bersangkutan
• Usaha untuk meningkatkan kode etik :
• Usaha untuk meningkatkan kode etik :
• Menyebarkan dokumen kode etik kepada orang yang menyandang profesi yang
bersangkutan
• Melakukan promosi etika profesional
• Memberikan sanksi disipliner yang melanggar kode etik
Versi Pdf download disini : DOWNLOAD
0 Comments
Terima kasih Anda telah membaca artikel di tricklik.blogspot.com